Sunday, April 21, 2013

Trik Mengelola Kuota Internet Bersama dgn SQUID

Pada bab ini, hak akses Internet untuk setiap pengguna akan diatur sesuai dengan nama user (username) dan password yang terdaftar di komputer server. Terdapat 3 (tiga) alternatif pilihan yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa valid atau tidaknya nama user dan password setia pengguna. Ketiga pilihan tersebut antara lain adalah penggunaan program autentikasi (authentication program)
seperti ncsa_auth, squid_ldap_auth, dan mysql_auth. Sebenarnya, cara kerja ketiga program tersebut cukup sederhana. Anda dapat membuatnya sendiri dan menyesuaikannya dengan kondisi dari tempat Anda bekerja karena yang terpenting dari ketiganya adalah output yang dihasilkan dari proses pembacaan nama user dan password.
Program akan menghasilkan output berupa teks OK jika autentikasi berhasil dan output berupa teks ERR jika autentikasi gagal. Hasil berupa pesan OK akan diterima oleh Squid sebagai tanda dibukanya hak untuk mengakses Internet. Hasil berupa pesan ERR diterima oleh Squid sebagai tanda gagalnya hak untuk mengakses Internet. Alur proses yang bekerja pada ketiga program authenticate
tersebut dapat Anda lihat dalam flowchart berikut ini.
Free Download eBook Trik Mengelola Kuota Internet Bersama dgn SQUID
Free Download Pasword Trik Mengelola Kuota Internet Bersama dgn SQUID

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha